Sabtu, November 05, 2011

Kenakalan Remaja......


KENAKALAN REMAJA DI ERA GLOBALISASI

Setiap manusia akan mengalami masa antara anak-anak dan dewasa. Periode ini disebut masa remaja. Remaja akan mengalami goncangan fisik tetapi mereka dalam keadaan situasi yang labil. Mereka biasanya mudah terpengaruh oleh hal-hal yang tidak bagus, dan kebanyakan remaja tidak mampu mengatasi pengaruh dari luar yang tidak baik serta cenderung melakukan tindakan yang tidak baik juga atau disebut perilaku menyimpang.

Di era globalisasi ini kenakalan remaja setiap hari semakin meningkat. Media masa menyajikan berbagai macam berita tentang perilaku menyimpang dan sebagian besar dilakukan oleh remaja. Menurut jenisnya perilaku menyimpang terdapat dua kategori yaitu penyimpamgam primer dan sekunder. Penyimpangan primer adalah penyimpangan yang dilakukan pertama kali. Sedangkan penyimpangan sekunder adalah penyimpangan yang mengulangi dari penyimpangan sebelumnya. Dan kenakalan yang biasa terjadi pada remaja adalah penyimpangan primer yang cenderung dilakukan untuk coba-coba.

 Dalam masyarakat luas kita dapat menyaksikan berbagai macam perilaku menyimpang yang dilakukan remaja. Dalam hal ini kita dapat menguraikan tentang contoh dari perilaku menyimpang antara lain penyalahgunaan Narkotik, Perkelahian dan perilaku seksual diluar nikah.

1. Penyalagunaan Narkotik
Pengunaan Narkotik di bidang kedokteran, penelitian untuk pengembangan  dari pengetahuan dapat memberi manfaat bagi manusia. Tetapi sekelompok orang telah menggunakan zat ini tidak p[ada tempatnya, beberapa banyak alasan mengapa seseorang menyalagunakan narkotik, antara lain adalah mengurangi rasa malu, ingin melupakan kesulitan masalah hidupnya dan hanya coba-coba.
Kelompok remaja adalah kelompok yang rawan terpengaruh  untuk menyalagunakan narkotik,karena remaja biasanya memiliki rasa keingintahuan yang besar. Pada umumnya remaja tidak memiliki  banyak fikiran tentang akibatnya.

2. Perkelahian/Tawuran
Pada umumnya perkelahian pelajar diawali masalah di antara dua siswa atau banyak siswa. Motivasi atau alasan perkelahian  masalahnya biasanya berbeda.mereka ingin menunjukkan keberanianya di depan temannya atau tidak ingin disebut penakut atau tidak solider.
Perkelahian siswa menjadi masalah yang sangat serius karena kenakalan cenderung mengabaikan norma-norma yang ada. Melibatkan korban yang tidak bersalah dan merusak, atau merusak benda yang ada di sekitarnya. Akibatnya perkelahian menyebabkan penyimpangan yang lain seperti, pengerusakan, ketidakadilan dan pembunuhan.

3. Sex Bebas
  Naluri sex  anugerah dari Allah bagi manusia. Tetapi sex dilakukan tanpa ataupun akan mendapatkan kekacauan masyarakat oleh sebab itu sejak dulu manusia dapat membuat tata nilai dan norma – norma yang mengalami hubungan sex disetiap orang. Kesalahan  dari  penyimpangan sex dibuat melalui pernikahan. Hubungan sex diluar masyarakat indonesia dianggap sebagai pelanggaran norma. Kalangan remaja tidak mendapatkan bekal ilmu agama  yang kurang memperhatikan  akibat negatif dan penyimpangan sexsual ini dapat terpengaruh oleh kalangan remaja,  sebagai contoh: sajian media massa  menunjukkan pola perilaku yang di negara- negara barat. Yang dikemas sangat menarik dan merangsang sex. Perilaku menyimpang tersebut telah mendorong kalangan remaja kejalan yang tidak benar dan menjadi bencana bagi dirinya. berbagai penyalagunaan kelamin telah menyebar diseluruh dunia dan akibatnya penyakit AIDS pun meyebar diseluruh dunia.

1. Efek dari kenakalan remaja
Kenakalan remaja dapat menjadikan dampak yang negatif bagi anak, baik untuk diri sendiri atau orang lain dalam setiap tindakan.
a.  Perkelahian
    Perkelahian dapat menjadikan banyaknya akibat negatif antara lain :
- Putus Sekolah
- Kehilangan nama baik
- Ancaman hukum pidana
- Dapat menyebabkan kematian
b. Tindakan kejahatan
Akibat dari tindak kejahatan untuk kita yaitu :
- Menimbulkan rasa tidak aman
- Hukum pidana
- Dikucilkan dari masyarakat
- Kehilangan masa depan
c. Sex bebas
Akibat dari diri sendiri antara lain :
- Depresi ( kedudukan)
- Kehilangan masa depan
- Tekanan mental
- Dikucilkan dari masyrakat
- Terkena penyakit kelamin ( AIDS )
d. Mengunakan obat bius dan meminum Alkohol
- Kesehatan terganggu
- Dikucilkan dari masyarakat
- Dapat menyebakan kematian

Akibat dari kenakalan remaja menyebabkan kerugian antara lain :
-          Menimbulkan rasa ketakutan
-          Kehilangan keamanan dalam masyrakat
-          Depresi
-          Kerugian materi
-          Dapat membuat orang malas
-          Dan khususnya dapat membahayakan masa depan anak bangsa
-          Kehilangan rasa persatuan

2. Solusi atau cara penanggulangan
 Masalah ini dapat menghentikan semuanya dengan banyak.
- Orang tua harus memberi perhatian kepada remaja
- Disekolahan guru harus memberi banyak tentang keagamaan
- Adanya pimpinan dari masyarakat untuk kegiatan remaja
  Tetapi untuk menghentikan semua kenakalan remaja adalah:
- Menyelesaikan setiap masalah dengan kepala dingin
- Tidak melihat televisi yang mendidik
- Perubahan kesadaran diri sendiri tentang masa depan
- Remaja harus mencari kesibukan sendiri
- Menghindari pergaulan yang buruk dengan teman yang tidak baik
- Membatasi diri sendiri dari masyarakat yang kurang menggantungkan diirinya.

Kenakalan remaja adalah masalah yang serius dan harus di selesaikan untuk setiap remaja karena kenakalan remaja dapat membawa , dapat memberi dampak negatif tanpa tekanan, sangat merugikan, kelakuan diri sendiri atau orang lain dan tempat pengembangan sosial.
Berbagai macam akibat negatif dari kenakalan remaja. Akan kembali semua orang dengan cara dan solusi yang pasti. Siapa yang dapat menghentikan kenakalan remaja, dan apakah remaja sadar akan penyebab kenakalannya, akan banyak merugikan masyarakat khususnya diri sendiri dan dari kenakalan remaja juga menyebabkan dampak negatif bagi semua teman dan lingkungannya.

Kenakalan remaja menyebabkan kerusakan jati diri anak  dan merusak diri sendiri khususnya merusak nama baik orang tua dan masyarakat dalam lingkungannya. Untuk itu diharapkan dalam setiap diri remaja dan lingkungan harus bisa :

1.      Tetap waspada pada kenakalan – kenakalan remaja yang dapat menarik kita dalam jurang tersebut, dan agar dapat menjaga diri dari segala macam perilaku luar.
2.      Anggota masyarakat agar lebih mengamati dan menjaga remaja terutama da;lam lingkungan sekitarnya.
3.      Keluarga agar lebih memperhatikan remaja tetapi jangan progresif didalam pelanggaran kenakalan remaja.
4. Para tokoh dan Ulama lebih banyak yang mendekatkan diri mereka pada Remaja, untuk memberikan masukan-masukan yang positif.
             Dari Uraian diatas, mudah-mudahan akan membawa satu dampak yang baik untuk menambah wawasan dan proteksi diri kaum remaja. Guna  mempersiapkan Kader Bangsa yang benar-benar dapat diandalkan untuk memimpin Bangsa ini lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar