Senin, Oktober 03, 2011

10 Keutamaan Lapar

10 Keutamaan Lapar

Menurut Hujjatul Syekh Imam Al Ghozali, bahwa lapar itu memiliki sepuluh manfaat (Hikmah), diantaranya adalah :

1. Menjadikan Hati bersih, menimbulkan Cahaya Akhlak dan mencerahkan mata hati dan sesungguhnya kenyang itu menyebabkan kebodohan, membutakan mata hati, dan memperbanyak uap pada otak yang menyerupai gula sehingga mengandung tambang-tambang pemikiran. Karena Kenyang Hati terasa berat untuk diajak berfikir positif dan lamban dalam menerima dan menangkap Ilmu Pengetahuan.

Dalam Hadits Rosulullah SAW  bersabda :"Barangsiapa melaparkan perutnya, pasti pikirannya luas dan hatinya akan menjadi cerdas."

2. Membuat hati jadi lembut dan bersih walau nampak diluar sangat keras, sehingga siap untuk senantiasa menjalankan dzikir kepada Allah. Sekarang ini banyak sekali Dzikir yang melintas pada lidah seseorang, tetapi hatinya tidak merasakan kenikmatan dari amalan itu. seakan-akan antara lisan dan hati mereka terdapat penghalang tembok yang begitu tebal. Hal ini karena kerasnya hati yang hanya memikirkan dirinya sendiri dan berupaya untuk mencari kesenangan demi kepentingannya sendiri.

3. Menyebabkan pecahnya, hancurnya dan hilangnya sifat sombong dan merasa tinggi dihadapan orang lain. Selagi manusia tidak pernah bisa melihat kekurangan dan kehinaan dirinya, maka ia tidak akan dapat melihat kemuliaan dan keperkasaan tuhannya walaupun dia termasuk ahli syariat sekalipun. Karena sesungguhnya kebahagiaan manusia yang sempurna adalah bahwa ia terus menerus menyaksikan dirinya dengan mata kehinaan dan kelemahan tanpa harus melihat dan mencari-cari kekurangan dan kelemahan sesamanya, lalu menyaksikan kemuliaan Allah SWT diatas segala-galanya.

4. Dengan Lapar seseorang tidak melupakan bencana Allah dan SiksaNYA dan tidak melupakan orang-orang yang menerima siksaan. Manusia yang cerdas pasti tidak akan pernah bisa melihat, menyaksikan dan membuat penderitaan kepada orang lain walau itu hanya sekedar dengan ucapan yang tiada orang bersangkutan ada didekatnya. Ia merasakan bagaimana penghuni Neraka menderita kelaparan, lalu makan kayu berduri dan pohon Zaqqum kemudian minum air nanah.

5. Lapar dapat menghancurkan semua nafsu syahwat dan dapat mengendalikan hawa nafsu lainnya. Karena sesungguhnya sumber segala kemaksiatan adalah nafsu syahwat dan kekuatan. Dan sumber dari Nafsu syahwat dan kekuatan adalah dari makanan. Mengurangi/membatasi makan berarti membatasi kecenderungan nafsu syahwat. Dan orang yang dalam kehidupannya hanya memikirkan dan mementingkan soal bagaimana cara mengisi perutnya saja orang tersebut berarti sama saja membiarkan dirinya diperbudak oleh Nafsu syahwat. Dan kalalu sudah demikian sudah bisa dipastikan bahwa orang tersebut akan semakin jauh terperosok dalam kehinaan dan kenistaan Akhlaq. Yang ada dalam dirinya hanyalah duniawi belaka, walau secara tidak sadar dia tetap melakukannya.

Para pembaca semua, mungkin 5 manfaat dan hikmah dari lapar ini dulu yang bisa abdi haturkan dihadapan para saudara semua. Mungkin ke 5 manfaat yang lainnya akan abdi haturkan dilain waktu. Semoga Bisa bermanfaat dan semoga Bisa membuat kita semakin jernih dan dewasa dalam mensikapi semua problematika hidup tanpa harus mencari kesalahan dan memojokkan sesama didalam pengambilan sebuah kemaslahatan umat. Jazakumullahu khoiron katsiron. Fastabiqul Khoirot.

Bersambung.....................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar