Rabu, Agustus 31, 2011

Ayo Kembali.....

 Dibalik Musibah Pasti ada Hikmah Bagi yang Berfikir.............

        Dihari Nan Fitri ini Mari Kita Renungkan Sejenak ayat Allah dibawah ini sebagai bekal tuk jalani Hidup Kita Yang Baru. Karena Jujur selama ini kita telah jauh dari Nya.....jangankan Membaca FirmanNya, menjalani hidup aja kita sudah banyak yang keluar dari Rel Hakekat dan Makna Hidup yang sesungguhnya...........

         Yang ada dibenak kita cuma hanya kesenangan dan kesenangan sesaat......tiada kesenangan kekal yang kita pilih tuk jalani...semua hanya kesenangan semu dan hanya sementara sifatnya. Sadar atau tidak jujur aja kita semua udah diperdaya oleh nafsu dan ambisi yang kesemuanya itu seolah-olah membuat sebuah kenikmatan pada kita, padahal hakekatnya adalah tidak. Diakui atau tidak sebenarnya Jurang kenistaan dalam kehidupan
yang hanya sementara ini telah kita pilih. Sedangkan Kebahagiaan hidup yang kekal abadi telah kita gadaikan, bahkan telah kita jual hanya demi ambisi pribadi.

          Tidaklah heran jika saat ini telah banyak kejadian-kejadian yang diluar logika kita sebagai Hamba Allah yang sungguh kecil, tiada daya upaya dihadapanNya. Musibah alam, Musibah Sosial Budaya, Musibah Etika dan Estetika, Musibah Kultur Agama dan Ras kian santer dalam penglihatan kita, Musibah Rasa Tidak Percaya, Musibah Perekonomian dan lain sebagainya bahkan Musibah yang paling Bahaya dalam kehidupan ini telah terjadi, yaitu Hilangnya Akhlaqul Kharimah dalam diri. Apa Jadinya bila semua ini menyatu dengan tujuan dan keinginan Program Zionis ? semua pasti akan Musnah.

          Untuk itu marilah kita berupaya semaksimal mungkin tuk menata kembali peradaban Masa yang akan Datang dengan Nilai-Nilai dan Norma-Norma kehidupan yang berlandaskan pada Al Qur'an dan As Sunah demi tercapainya Kemaslahatan Ummat Fiddini Wadun Ya Wal Akhiroth, Karena Hari inilah Moment yang paling tepat tuk kita semua Instropeksi diri dan menyadari semua kesalahan dan kekhilafan kita, baik yang berkenaan dengan Hablumminallah maupun Hablumminannas. Sebagai bekal untuk itu mari bersama kita Renungkan Ayat allah dibawah ini : (QS. Al Baqoroh)

6. Sesungguhnya orang-orang kafir, sama saja bagi mereka, kamu beri peringatan atau tidak kamu beri peringatan, mereka tidak juga akan beriman.

7. Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka[20], dan penglihatan mereka ditutup[21]. dan bagi mereka siksa yang Amat berat.

8. di antara manusia ada yang mengatakan: "Kami beriman kepada Allah dan hari kemudian[22]," pada hal mereka itu Sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman.

9. mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, Padahal mereka hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar.

10. dalam hati mereka ada penyakit[23], lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.

11. dan bila dikatakan kepada mereka:"Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi[24]". mereka menjawab: "Sesungguhnya Kami orang-orang yang Mengadakan perbaikan."

12. Ingatlah, Sesungguhnya mereka Itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar.

Keterangan Ayat : 

[20] Yakni orang itu tidak dapat menerima petunjuk, dan segala macam nasehatpun tidak akan berbekas padanya.

[21] Maksudnya: mereka tidak dapat memperhatikan dan memahami ayat-ayat Al Quran yang mereka dengar dan tidak dapat mengambil pelajaran dari tanda-tanda kebesaran Allah yang mereka Lihat di cakrawala, di permukaan bumi dan pada diri mereka sendiri.

[22] Hari kemudian Ialah: mulai dari waktu mahluk dikumpulkan di padang mahsyar sampai waktu yang tak ada batasnya.

[23] Yakni keyakinan mereka terdahap kebenaran Nabi Muhammad s.a.w. lemah. Kelemahan keyakinan itu, menimbulkan kedengkian, iri-hati dan dendam terhadap Nabi s.a.w., agama dan orang-orang Islam.

[24] Kerusakan yang mereka perbuat di muka bumi bukan berarti kerusakan benda, melainkan menghasut orang-orang kafir untuk memusuhi dan menentang orang-orang Islam.

Dari Keterangan diatas, sadar atau tidak ternyata kita selama ini telah melakukan itu semua, tapi apakah kita menyadarinya ?? tentu tidak. Karena itulah sifat kita yang hanya Manusia biasa yang hanya ingin menang sendiri dan tak mau mengalah. Dan yang harus menjadi renungan apakah selamanya kita tetap akan terus dan selalu Begitu ???????????
Jawabannya ada pada dasar hati nurani kita yang paling dalam.!!!!! 
Selamat Berfikir dan Merenung semoga kita Menjadi Hamba Allah yang selalu Menang dalam mengalahkan Segala Macam Nafsu yang ada pada diri kita Sendiri.??!!!

Jazakumullahu Khoiron Katsiroh.... Fastabikhul Khoiroth. !!!!!!! 

By : Setiyo Hadi (Hamba Sahaya)

Ma'afkan Abdi.....

Assalamu'alaikum .........Wr.......Wb.

ABDI SEKELUARGA........

Dihari nan penuh dengan Pengampunan dan Peleburan segala Noda dan Dosa ini,
Abdi mencoba tuk mencurahkan segala apa yang ada, di hari nan Fitri ini...........

Sekian lama sudah qta terbelenggu dalam jeratan Dosa dan Lumpur Khilaf Kehinaan...
Sekian Lama sudah qta bergumul dalam Rasa Iri, syirik dan dengki.....
Sekian lama sudah qta mengagungkan segala bentuk Li Ubbuddunya.......
Sekian Lama sudah qta mendewakan segala bentuk keangkaramurkaan dan ambisi ...........
Sekian Lama sudah qta memuja-muja rasa Gengsi dan ego yang mendarah di jiwa................

Sadar atau tidak Sadar qta semua telah banyak menumpuk Noda dan Dosa .......
Sadar atau tidak Sadar qta semua telah banyak berbuat diluar batas Kewajaran Hidup........
Sadar atau tidak Sadar qta semua telah banyak melakukan segala hal yang sepatutnya tidak pantas.....
Sadar atau tidak Sadar qta semua telah banyak menghiasi hidup ini dengan jauh dari tuntunan ............
Sadar atau tidak sadar qta semua telah menjadi hamba yang penuh dengan Kesalahan dan Kemungkaran

Di Hari Nan Fitri ini....Dari keikhlasan hati dan lubuk sanubari yang paling dalam.....
Perkenankan Abdi Sekeluarga ........
Memohon keikhlasan dan keridhoan saudara-saudara semua tuk memberikan Pintu Kemaafan.....
Memohon Keikhlasan dan Keridhoan saudara-saudara semua tuk berbagi dalam Jalinan Pintu Taubat..
Memohon Keikhlasan dan Keridhoan saudara-saudara semua tuk melupakan segala Khilaf.....
Memohon Keikhlasan dan Keridhoan saudara-saudara semua tuk Melangkah bersama dlm Persaudaraan

Akhirnya Abdi Sekeluarga Hanya bisa mengucapkan..........
Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H.
Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir dan Bathin
Taqobalallahu Minna Waminkum...............Taqobal Ya Karim.....
Semoga Segala Salah dan Dosa Lebur menjadi Debu berterbangan tiada membekas
Kembali Terlahir seperti Bayi yang tiada Noda dan Dosa.......
Songsong Masa Depan penuh Bahagia tuk wujudkan Kesempurnaan Hidup.........amin....

Wassalamu'alaikum....wr......wb.


Setiyo Hadi Sekeluarga.

Hari Nan Fitri

LI IEDIL FITRI 1 SYAWAL 1432 H


Gema Takbir, Tahlil, Tahmid ..... membahana mengangkasa 
Menghias Jagad Raya...torehkan bahagia dijiwa....
Alunan Bedug bertalu-talu ....menyeruak keheningan hati
Hilangkan rasa gundah gulana.....tersingkir mati terhenti........
Noda, dosa, angkara murka, iri, dengki, turut memudar......
Kebatilan, Kefasikan, Keserakahan, hilang tak bertepi...
Kebaikan, Kasih sayang, instropeksi diri, terpatri dalam jiwa
Kebersamaan, Kedekatan, kesucian, Hiaskan diri dalam relung sanubari

Li Iedil Fitri...datang.....bawa sejuta kemenangan.....
Li Iedil Fitri ...Hadir......berikan untaian Cinta penuh Makna.....
Li Iedil Fitri.....Hari ...yang dinanti .....Hari sebuah kemenangan..
Li Iedil Fitri......Hari ...Pengharapan....hari.....Pemurnian dan Peleburan...

Anak-anak, Remaja, Pemuda, Seorang Dewasa.....terpana
Ikut arus...mengalir...telusuri keindahan suasana .....terpesona
Berjubel, berebut....tali silaturrahim....tunaikan .....kewajiban
Berurut, bersambut ....tali keikhlasan jiwa dalam Dosa......
Lebur, Musnah, Hancur, Berkeping, dalam jalinan 1 Syawal 1432 H


Hak Cipta By : "Setiyo Hadi"  30 agustus 2011

Rabu, Agustus 24, 2011

Lailatul Qodar

LAILATUL QODAR................................

Senandung Kalamullah membahana......tabir terbuka
getar hati terusik,.....meronta.....menjerit.......tuk berjumpa
Untaian seribu makna....terungkap....mantap.....dalam dekap
Jiwa mengelora...hasrat melekat....jantung berdetak...

Hening, sunyi, malam, temaram ....penuh ....kasih
berombak....menerpa wajah...penuh dosa ...duka...nestapa
Linangan airmata......semburat ......tutupi....khilaf tak dirasa
Pancaran keagungan......menyelimuti tubuh .....penuh luka

Tertatih.....terseok.....terpelanting jatuh .....berharap
mata....terbuka.....perih....sedih ....bila tak jumpa
sehari...seminggu....sebulan....setahun......seabad.....
Lailatul Qodar......ditunggu.....dinanti......dipuja

Lailatul Qodar......datang.....pergi tak berasa.....senyap
Lailatul Qodar ......menjemput......insan .....turut berurut
Lailatul Qodar.........berjumpa......hati tiada berasa
Lailatul Qodar ........hilang........jiwa musnah .....luput Larut


By :Setiyo Hadi (Agustus, 25.2011)

Sabtu, Agustus 20, 2011

Hatiku

HATIMU......HATIKU....

......Pagi indah, mentari menyapa, 
sang dara bersua, sang jaka berduka,
itukah makna, kutak tahu, ku tak mengerti, 
aku bingung, aku pusing, aku linglung, laik belatung

semua semu, semua sebuah sketsa,  ................
tak nampak, hilang, musnah.....
.........ketika kata tertuang, panjang membentang, 
jalanan hati mulai sepi, sendiri, mati, tak tersisa. 

Airmata mengucur, mancur, ............
muncrat, semburat, terkuak tabir, ...........
......kata tak berucap, jiwa tak beradab, ...
.....diam mencekam terasa dalam jiwa. 

............sedikit kata hilang, banyak kata musnah, 
emang kau tak berasa..........jiwa mati hampa sudah.....
hatimu.....hatiku...........satu padu...............
hatimu.....hatiku........... remuk redam ........
hatimu .....hatiku..........terkoyak......
hatimu...hatiku......mati sudah.....

Cipt. Setiyo Hadi, S.Pd

Rabu, Agustus 17, 2011

Sitematika RPP Terbaru

SISTEMATIKA / KOMPONEN DAN LANGKAH - LANGKAH RPP

SEKOLAH                  :  ......................................
Mata Pelajaran            :  ......................................
Kelas/Semester           :  ......................................
Standar Kompetensi   :  ......................................
Kompetensi Dasar      :  ......................................
Indikator                     : 
           Kognitif
           Psikomotorik
           Afektif         
Alokasi Waktu           :  .......................................

A. Tujuan Pembelajaran  : .................................................(Harus mengandung unsur Audience
      ( Peserta didik ), Behavior (Kata kerja yang mendeskripsikan Kemampuan audience
      setelah pembelajaran), Condition (Situasi pada saat tujuan tersebut diseleseikan), Degre    
      (Standar yang harus dicapai oleh audience sehingga dapat dinyatakan telah mencapai tujuan)
           Kognitif
           Psikomotorik
           Afektif          
B. Materi Pembelajaran  : ..................................................
C. Model Pembelajaran  : ..................................................
D. Metode Pembelajaran: ..................................................
E. Langkah-Langkah Pembelajaran (Menunjukkan /mengeksplisitkan bentuk-bentuk prilaku
     berkarakter dalam setiap langkah)
     *  Pertemuan ke satu     :
         - Pendahuluan / Kegiatan Awal (.........menit)
         - Kegiatan inti  (.......menit)
         - Penutup  (........menit)
     *  Pertemuan ke dua     :
         - Pendahuluan / Kegiatan Awal (.........menit)
         - Kegiatan inti  (.......menit)
         - Penutup  (........menit)
F.  Media / alat / Sumber Belajar
G. Penilaian
     1. Tekhnik / Jenis Penilaian (harus dibedakan menurut ranah kognitif, Psikomotorik, Afektif)
     2. Bentuk Instrumen (Instrumen disertai Kunci jawaban dan rambu-rambu jawaban)
     3. Pedoman Penskoran (untuk penilaian afektif digunakan lembar observasi/lembar Pengamatan)


                                                                                                    Tempat & Tgl Pembuatan

                              Mengetahui
                      Kepala SMP / MTs ................                               Guru Seni Budaya



                     ..................................................                              .........................................

                           




























Minggu, Agustus 14, 2011

Qiyamullail

Keutamaan Sholat Tahajjud


Dari beberapa Ayat-ayat Allah dan Hadits Rosulullah yang menegaskan tentang keutamaan Sholat lail diantaranya adalah :

 Allah Ta’ala berfirman:

“Lambung-lambung mereka jauh dari pembaringan, karena mereka berdoa kepada Rabb mereka dalam keadaan takut dan berharap kepada-Nya.” (QS. As-Sajadah: 16)

Allah Ta’ala berfirman:
“Di dunia mereka sedikit sekali tidur diwaktu malam. Dan selalu memohon ampunan di waktu sahur (menjelang fajar).” (QS. Adz-Dzariyat: 17-18)

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu dia berkata: Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Seutama-utama puasa setelah ramadhan adalah puasa di bulan Muharram, dan seutama-utama shalat sesudah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR. Muslim)

Dari Abu Said Al Khudri dan Abu Hurairah radhiallahu anhuma mereka berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:
“Barangsiapa yang bangun malam dan membangunkan istrinya kemudian mereka berdua melaksanakan shalat dua rakaat secara bersama, maka mereka berdua akan digolongkan ke dalam lelaki-lelaki dan wanita-wanita yang banyak berzikir kepada Allah.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan dinyatakan shahih oleh Al-Albani dalam Al-Misykah 

Dari Abu Hurairah radhiallahu anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Setan mengikat tengkuk kepala seseorang dari kalian saat dia tidur dengan tiga tali ikatan, dimana pada tiap ikatan tersebut dia meletakkan godaan, “Kamu mempunyai malam yang sangat panjang maka tidurlah dengan nyenyak.” Jika dia bangun dan mengingat Allah maka lepaslah satu tali ikatan, jika dia berwudhu maka lepaslah tali yang lainnya, dan jika dia mendirikan shalat maka lepaslah seluruh tali ikatannya sehingga pada pagi harinya dia akan merasakan semangat dan kesegaran yang menenteramkan jiwa. Namun bila dia tidak melakukan itu, maka pagi harinya jiwanya menjadi jelek dan menjadi malas beraktifitas”. (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Dari Jabir bin Abdillah dia berkata: Saya mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Sesungguhnya di waktu malam terdapat suatu saat, tidaklah seorang muslim mendapati saat itu, lalu dia memohon kebaikan kepada Allah ‘azza wajalla baik kebaikan dunia maupun akhirat, kecuali Allah akan memperkenankannya. Demikian itu terjadi pada setiap malam.” (HR. Muslim)

Penjelasan ringkas:
Di antara keutamaan qiyamullail berdasarkan dalil-dalil di atas adalah:

a.    Mendapatkan pujian yang banyak dalam Al-Qur’an.
b.    Hatinya akan terjaga dari kerusakan dan penyakit hati. Karena terlalu banyak tidur bisa 
       menyebabkan rusaknya hati, karenanya dengan qiyamullail dia bisa mengurangi tidurnya.
c.    Dia merupakan shalat sunnah yang paling utama.
d.    Orang yang mengerjakannya secara berkesinambungan akan digolongkan ke dalam 
       golongan orang-orang yang banyak berzikir kepada Allah.
e.    Dia akan lepas dari gangguan setan di malam harinya.
f.    Qiyamullail merupakan sebab baiknya jiwa, lapangnya dada, dan semangatnya anggota 
       tubuh.
g.    Orang yang mengerjakannya berkesempatan mendapatkan 1/3 malam terakhir yang 
       merupakan waktu dimana doa akan dikabulkan.

Dan sebaik-baik doa saat itu adalah permohonan ampun akan semua dosa-dosa, sebagaimana yang diisyaratkan dalam surah Adz-Dzariyat di atas.

Semoga kita semua tergolong orang yang senantiasa menjaga dan melaksanakan sholat Lail. Aminn.

Cerpenku


“Cintaku Berawal di SPBU”

“Kepedihanku terhapuskan” begitu lirik lagu dari padi aku dengar aku benar-benar berharap agar kepedihan yang sempat aku rasakan terhapuskan. Sempat  aku merasakan kepedihan yang amat besar hingga aku merasa tak sanggup hidup lagi padahal “SEGO PECEL IKU SEK ENAK “ bagitu kata temanku. Aku bangga dan aku merasa senang bisa punya sahabat yang bisa mengibur aku di kala aku sedih, dan mereka rela gak tidur demi dengerin curhatanku. Ayu begitu teman-teman memanggil aku. Gadis manis, usia 18 tahun dan kuliah di salah satu universitas negri di Malang, sdikit manja tapi pinter dan mempunyai jiwa kepemimpinan tentunya. Aku juga memiliki seorang bunda yang sayang banget sama aku yang bisa jadi teman dan ibu yang baik. 

            “Ayu !! sini bentar dech..” panggil salah satu temanku 
“apa cuy?” sautku
 “liat tuch ada cowok ganteng banget” ujarnya

Saat itu aku dan teman-teman sedang hang out bareng di sebuah cofe pinggir jalan dan berhadapan dengan pom bensin so, secara otomatis aku dan teman-teman bisa liat siapa aja yang lewat dan siapa saja yang beli bensin k pom.
“mana?” tanyaku
“tuch tuch,,, liat anakny berhenti di pom bensin pkeq motor Harley helm Hitam” terangnya untukku.
“ehm,,,, lmyan juga,,, Hitam Manis,,, tinggi,,, mancung juga koq. Bleh boleh boleh,,” penilaianku terhadapnya

“cocok loch m kmu,,,” katanya
“ich,,,, gk ah. Aku masih mau sendiri. Wat u aj. U kan juga lgi jomblo” jawabku
“lupa y,,, akukan lgi PDKT sama si Teo”jelasnya
“iy y,,,, lupa” sadarku
“ikut aku yuk” ajak Nana sambil menarik tanganku menghampiri cowok itu
“Eh kalian mau kemana?” saut teman yang lain
“tunggu aja di situ” jawab Nilam sambil berlari kecil

Setelah sampai di pom bensin terlihat cowok itu sedang beristirahat sebentar untuk meminum air mineral dan kemudian Nilam langsung memperkenalkan diri padanya dan tentunya aku juga diperkenalkan oleh dia.
“hai,,, kenalin nama aku Nilam dan ini temanku Ayu” kenalnya
“namaku Roy. Ada apa kalian kesini ? perlu bantuan?” tawarnya
“enggak koq. Gak ada apa2,,, pengen kenal aj. Boleh tukeran nomor?” tanya Nilam tanpa ada rasa malu sama sekali.
“ehm,,,,, gimana y,,,???” cowok itu berfikir dan akhirnya dia memberi nonya pada Nilam.

3 hari setelah kejadian itu aku sms dia. Perkenalan antara aku dan Roy saat di pom bensin cukup membuat aku malu banget. Tapi kalo gak ada perkenalan itu mungkin aku dan Roy gak akan jadian sampai sekarang. Ya,, aku dan Roy menjalani hub sebuah ikatan cinta. Jasa Nilam besar banget. PDKT antara kita cukup 1 bulan dan selama 1 bulan itu aku dan Roy sering bertemu dan jalan bareng, yach,,,, meski Cuma makan siang atopun belajar bareng di perpustakaan umum Malang. 

Dan sekarang hubungan kami sudah 1 tahun 7 bulan. Oia,,,, sebenarnya hubungan aku dan Roy akhir-akhir ini cukup jauh c,,, Roy sudah bekerja di salah satu kantor WWI di Malang, dia terlalu sibuk. Tapi entah,,, gak hanya karena sibuk, perhatian dia juga berkurang. Gak seperti biasanya. Aku sayang banget sama dia, dia tipe cowok aku banget. Pinter, baik, g playboy, enggak sombong dan yang paling buat aku tambah sayang karena ketaatannya pada Agamanya. 

Dia dulu Bertanggung jawab dan dulu perhatian banget. Tapi sekarang???

“ cyank besok kita jalan y,,,” ajakku melaliu via telp malam itu
“duch,,,, aku males ne,,, lom gajian pula,,,” jawabnya
“ cyank qT gk perlu ngeluarin uang… kali ini kita pergi k tman aj,,, taman dimana pertama kali kita ngedate.” Jelasku
“gk  dech,, a males” bantahnya
“ yauda dech lo g2,,, krang kamu tidur aj, istirahat, biar g capek. Met bobok y cyank,,,, mga mImpi indah,,, I Loph U”  ucapku
“ Loph u too “ singkatnya

            Keesokan harinya dan selanjutnya terus begitu, setiap aku ajak jalan dia gak pernah mau,,,
Tepat tanggal 3 april 1997 jam 9 malam dia telp aku.
“ lom tidur t?” tanya dia
“ lom ngantuk yank” jawabku
“kenapa?” tanyanya lagi
“nggak ada apa apa koq” jawabku
“ aku mau ngomong sesuatu” ujarnya
“ngomong apa? “ jawabku dengan penuh rasa penasaran karena Roy g pernah sserius ini.
“maafin aku y,,, aku g bisa jalani hub ini lagi m u” terannya
“ apa??? Kamu bohongkan yank,,, blang klo it gk mungkin,,,, kamu Cuma bercanda kan,,,” jawabku dengan asa yang benerbener gk percaya denga apa yang dia katakan.
“gk ,,, aku gk bohong”  dia meyakinkan nya
“ kenapa yank,,,,??? Kenapa? Apa salahku?? Apa kuarang ku???” tanyaku
“ aku bosan dengan semua ini,,, u gk salah dan g ad yng kurang 1pun dari kamu” jelasnya

Setelah aku dengar penjelasan dari dia kututup telpnya tadi. Aku menangis sekeras-kerasnya. Air mataku mulai tak tebendung lagi. Tuhan,,,, apa yang terjadi padaku,,,, disaat rasa sayangku begitu besar buat dia kenapa dia tiba-tiba ninggalin aku seperti ini,,,, aku benar-benar menyayanginya y Allah,,,, kembalikan dia padaku,,,,
Perasaan seperti ini menyakitkan,,, setelah kejadian itu aku da g semangat lagi. Sebenarnya semua yang aku lakukan slama ini termotivasi karena dia,,,, tapi sekarang gimana? Dia sudah pergi dari aku,,, saat itu kesedihanku bener-bener memuncak. Aku g nafsu makan lagi, aku g bisa apa-apa lagi,,, lemes banget badanku. Tapi tiga hari setelah itu aku mulai bisa cerita ke tmen-temen dan bundaku,,, bunda berpesan agar aku tak memikirnya lagi. Tapi gak bisa bun,,,,,, aku sayang sama dia,,,, dan aku gak bisa begitu aja melupakan dia,,, bun,, seandainya dia kembali padaku apakah aku boleh menerimanya lagi???

Bunda hanya bilang semua terserah kamu. Tapi fikirkan dulu siapa tahu dia memang bukan jodoh kamu,,,
Tapi aku saynag banget bu m dia,,,,
anakku syang,, u masih dibutakan oleh cinta,,, coba kamu berfikir kalaupun Roy masih sayang sama kamu dia gak mungkin seperti ini,,,, kamu harus bisa menerima semua ini.. mungkin dia memang bukan jodoh kamu nak,,,, yang sabar yach,,,,

Bun,,,, selama ini yang jadi motivasi aku itu dia,,, aku belajar, aku mau makan dan aku mau tersenyum karena dia,,, aku dan dia menjalani hub ini selama 1 tahun lebih,,,, gak semudah itu menghapus namanya dari hatiku. Dan nggak ada cowok yang kayak dia,,,
Kalo kamu bicara seperti itu bunda juga bisa,,, g ada juga yang seperti ayahmu,,, kamu hanya belum membuka hati mkanya kamu jadi seperti ini,,,, sekarang kamu nggak perlu melupakan kenangan kamu sama Roy tapi simpan saja kenangan itu dalam lemari hatimu, suatu saat kamu akan butuh dengan kenangan-kenangan itu, kamu jangan terlalu menggantungkan diri pada Roy.

Setelah apa yang ibu katakan padaku, mulailah terbuka hatiku tuk jalani hidup ini dengan lembaran yang baru dan secara pelan-pelan kumencoba membuka hati untuk orang lain, tapi memang, sulit sekali hati ni melupakan bayangan Roy dalam benakku............Roy....Teganya engkau....padaku.....Aku Sungguh sangat mencintaimu....gumamku dalam hati. Entah sampai kapan aku begini..???!!!

Selasa, Agustus 09, 2011

Lagu MB


TAQORRUB (Renungan)     ( B 6 )



Intro   :      A    E          A          E

A                      G          G                      A
Saat langit diruntuhkan, Terdengar suara menderu
A                      G          G                      A
Saat Laut dimuntahkan, Terdengar Suara Gemuruh
D                      A                      E                      A
Saat bumi diluluh lantakkan, Terdengar Suara Jeritan
D                      A                      E                      A
Saat Gunung dihancurkan, Terdengar Suara Ratapan

            F              G                  A
            Ya Allah inikah ajal kan datang
            F              G                  A
            Ya Allah inikah kiamat kan tiba
            F          G         A
            Ya Allahu ya Rosulullah
            F          G         A
            Ya Allahu ya Jabbar
E                                              A
Astaghfurullah hal adhzim , Astaghfurullah hal adhzim  ( 5 X )

Interload  :      A                       E          A          E         


A                      G          G                      A
Saat langit diruntuhkan, Terdengar suara menderu
A                      G          G                      A
Saat Laut dimuntahkan, Terdengar Suara Gemuruh
D                      A                      E                      A
Saat bumi diluluh lantakkan, Terdengar Suara Jeritan
D                      A                      E                      A
Saat Gunung dihancurkan, Terdengar Suara Ratapan

            F              G                  A
            Ya Allah inikah ajal kan datang
            F              G                  A
            Ya Allah inikah kiamat kan tiba
            F          G           A
            Ya Allahu ya Rosulullah
            F          G         A
            Ya Allahu ya Jabbar

F              G                  A
Ya Allah inikah  kiamat kan datang
F              G                  A
Wahai manusia sadarlah engkau semua
F              G                  A
Wahai Manusia sadarlah kita semua
F              G                  A
Laila Ha illallah, Muhammadurosulullah
F             G           A
Tiada Tuhan Selain Allah
F              G                  A
Nabi Muhammad Utusan Allah


Aftherload  :   E            A          E          A


Diciptakan pada saat Darul Arqom 1429 H  (  20 September 2008 )
Cipt. Setiyo Hadi, S.Pd
Lagu ke Enam ( 6 )

H@MBA S@HAYA: Sajak Kematian

Pentingnya Media Dalam Pemebelajaran


PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DENGAN MEDIA

Pengantar
Semakin sadarnya orang akan pentingnya media yang membantu pembelajaran sudah mulai dirasakan. Pengelolaan alat bantu pembelajaran sudah sangat dibutuhkan. Bahkan pertumbuhan ini bersifat gradual. Metamorfosis dari perpustakaan yang menekankan pada penyediaan meda cetak, menjadi penyediaan-permintaan dan pemberian layanan secara multi-sensori dari beragamnya kemampuan individu untuk mencerap informasi, menjadikan pelayanan yang diberikan mutlak wajib bervariatif dan secara luas.Selain itu,dengan semakin meluasnya kemajuan di bidang komunikasi dan teknologi, serta diketemukannya dinamika proses belajar, maka pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran semakin menuntut dan memperoleh media pendidikan yang bervariasi secara luas pula.
Karena memang belajar adalah proses internal dalam diri manusia maka guru bukanlah merupakan satu-satunya sumber belajar, namun merupakan salah satu komponen dari sumber belajar yang disebut orang. AECT (Associationfor Educational Communication and Technology) membedakan enam jenis sumber belajar yang dapat digunakan dalam proses belajar, yaitu:
  1. Pesan; didalamnya mencakup kurikulum (GBPP) dan mata pelajaran.
  2. Orang; didalamnya mencakup guru, orang tua, tenaga ahli, dan sebagainya.
  3. Bahan;merupakan suatu format yang digunakan untuk menyimpan pesan pembelajaran,seperti buku paket, buku teks, modul, program video, film, OHT (over head transparency), program slide,alat peraga dan sebagainya (biasa disebut software).
  4. Alat; yang dimaksud di sini adalah sarana (piranti, hardware) untuk menyajikan bahan pada butir 3 di atas. Di dalamnya mencakup proyektor OHP, slide, film tape recorder, dan sebagainya.
  5. Teknik; yang dimaksud adalah cara (prosedur) yang digunakan orang dalam membeikan pembelajaran guna tercapai tujuan pembelajaran. Di dalamnya mencakup ceramah,permainan/simulasi, tanya jawab, sosiodrama (roleplay), dan sebagainya.
  6. Latar (setting) atau lingkungan; termasuk didalamnya adalah pengaturan ruang, pencahayaan, dan sebagainya.
Bahan & alat yang kita kenal sebagai software dan hardware tak lain adalah media pendidikan.
Media Pendidikan
Kata media berasal dari bahasa Latin yang adalah bentuk jamak dari medium batasan mengenai pengertian media sangat luas, namun kita membatasi pada media pendidikan saja yakni media yang digunakan sebagai alat dan bahan kegiatan pembelajaran.

Mengapa perlu media dalam pembelajaran? Pertanyaan yang sering muncul mempertanyakan pentingnya media dalam sebuah pembelajaran.Kita harus mengetahui dahulu konsep abstrak dan konkrit dalam pembelajaran,karena proses belajar mengajar hakekatnya adalah proses komunikasi,penyampaian pesan dari pengantar ke penerima. Pesan berupa isi/ajaran yang dituangkan ke dalam simbol-simbol komunikasi baik verbal (kata-kata& tulisan) maupun non-verbal, proses ini dinamakan encoding. Penafsiran simbol-simbol komunikasi tersebut oleh siswa dinamakan decoding.
Ada kalanya penafsiran berhasil, adakalanya tidak.Kegagalan/ketidakberhasilan dalam memahami apa yang didengar, dibaca,dilihat atau diamati. Kegagalan/ketidakberhasilan atau penghambat dalam proses komunikasi dikenal dengan istilah barriers atau noise. Semakin banyak verbalisme semakin abstrak pemahaman yang diterima.
Lantas dimana fungsi media? Ada baiknya kita melihat diagram cone of learning dari Edgar Dale yang secara jelas memberi penekanan terhadap pentingnya media dalam pendidikan:


Secara umum media mempunyai kegunaan:
  1. memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis.
  2. mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indra.
  3. menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar.
  4. memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual, auditori & kinestetiknya.
  5. memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman & menimbulkan persepsi yang sama.
Selain itu, kontribusi media pembelajaran menurut Kemp and Dayton, 1985:
  1. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
  2. Pembelajaran dapat lebih menarik
  3. Pembelajaran menjadi lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
  4. Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
  5. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
  6. Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
  7. Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
  8. Peran guru berubahan kearah yang positif
Karakteristik dan kemampuan masing-masing media perlu diperhatikan oleh guru agar mereka dapat memilih media mana yang sesuai dengan kondisi dan kebutuhan. Sebagai contoh media kaset audio, merupakan media auditif yang mengajarkan topik-topik pembelajaran yang bersifat verbal seperti pengucapan (pronounciation) bahasa asing. Untuk pengajaran bahasa asing media ini tergolong tepat karena bila secara langsung diberikan tanpa media sering terjadi ketidaktepatan yang akurat dalam pengucapan pengulangan dan sebagainya. Pembuatan media kaset audio ini termasuk mudah, hanya membutuhkan alat perekam dan narasumber yang dapat berbahasa asing, sementara itu pemanfaatannya menggunakan alat yang sama pula.
Untuk itu perlu dicermarti daftar kelompok media instruksional menurut Anderson, 1976 berikut ini:
KELOMPOK MEDIA
MEDIA INSTRUKSIONAL
1.
Audio
  • pita audio (rol atau kaset)
  • piringan audio
  • radio (rekaman siaran)
2.
Cetak
  • buku teks terprogram
  • buku pegangan/manual
  • buku tugas
3.
Audio – Cetak
  • buku latihan dilengkapi kaset
  • gambar/poster (dilengkapi audio)
4.
Proyek Visual Diam
  • film bingkai (slide)
  • film rangkai (berisi pesan verbal)
5.
Proyek Visual Diam dengan Audio
  • film bingkai (slide) suara
  • film rangkai suara
6.
Visual Gerak
  • film bisu dengan judul (caption)
7.
Visual Gerak dengan Audio
  • film suara
  • video/vcd/dvd
8.
Benda
  • benda nyata
  • model tirual (mock up)
9.
Komputer
  • media berbasis komputer; CAI (Computer Assisted Instructional) & CMI (Computer Managed Instructiona

Klasifikasi & Jenis Media
KLASIFIKASI
JENIS MEDIA
Media yang tidak diproyeksikan
Realia, model, bahan grafis, display
Media yang diproyeksikan
OHT, Slide, Opaque
Media audio
Audio K aset, Audio V ission, aktive Audio Vission
Media video
Video
Media berbasis komputer
Computer A ssisted I nstructional ( Pembelajaran Berbasis Komputer)
Multimedia kit
Perangkat praktikum

Media yang Tidak Diproyeksikan
a. Realita : Benda nyata yang digunakan sebagai bahan belajar
b. Model : Benda tiga dimensi yang merupakan representasi dari benda
sesungguhnya
c. Grafis : Gambar atau visual yang penampilannya tidak diproyeksikan (Grafik, Chart, Poster, Kartun)
d. Display : Medium yang penggunaannya dipasang di tempat tertentu sehingga dapat dilihat informasi dan pengetahuan di dalamnya.

Media Video
A. Kelebihan
1. Dapat menstimulir efek gerak
2. Dapat diberi suara maupun warna
3. Tidak memerlukan keahlian khusus dalam penyajiannya.
4. Tidak memerlukan ruangan gelap dalam penyajiannya
B. Kekurangan
1. Memerlukan peralatan khusus dalam penyajiannya
2. Memerlukan tenaga listrik
3. Memerlukan keterampilan khusus dan kerja tim dalam pembuatannya

Media Berbasiskan Komputer
Bentuk interaksi yang dapat diaplikasikan
• Praktek dan latihan (drill & practice)
• Tutorial
• Permainan (games)
• Simulasi (simulation)
• Penemuan (discovery)
• Pemecahan Masalah (Problem Solving)

Kemajuan media komputer memberikan beberapa kelebihan untuk kegiatan produksi audio visual. Pada tahun-tahun belakangan komputer mendapat perhatian besar karena kemampuannya yang dapat digunakan dalam bidang kegiatan pembelajaran. Ditambah dengan teknologi jaringan dan internet, komputer seakan menjadi primadona dalam kegiatan pembelajaran.
Dibalik kehandalan komputer sebagai media pembelajaran terdapat beberapa persoalan yang sebaiknya menjadi bahan pertimbangan awal bagi pengelola pengajaran berbasis komputer:
  1. Perangkat keras -dan lunak- yang mahal dan cepat ketinggalan jaman
  2. Teknologi yang sangat cepat berubah, sangat memungkinkan perangkat yang dibeli saat ini beberapa tahun kemudian akan ketinggalan zaman.
  3. Pembuatan program yang rumit serta dalam pengoperasian awal perlu pendamping guna menjelaskan penggunaannya. Hal ini bisa disiasati dengan pembuatan modul pendamping yang menjelaskan penggunaan dan pengoperasian program.
 
Pemakaian Komputer dalam Proses Belajar
Sebelumnya perlu dijelaskan istilah CAI dan CMI yang digunakan dalam kegiatan belajar dengan komputer.
CAI; yaitu penggunaan komputer secara langsung dengan siswa untuk menyampaikan isi pelajaran, memberikan latihan dan mengetes kemajuan belajar siswa. CAI dapat sebagai tutor yang menggantikan guru di dalam kelas. CAI juga bermacam-macam bentuknya bergantung kecakapan pendesain dan pengembang pembelajarannya, bisa berbentuk permainan (games), mengajarkan konsep-konsep abstrak yang kemudian dikonkritkan dalam bentuk visual dan audio yang dianimasikan.
CMI; digunakan sebagai pembantu pengajar menjalankan fungsi administratif yang meningkat, seperti rekapitulasi data prestasi siswa, database buku/e-library, kegiatan administratif sekolah seperti pencatatan pembayaran, kuitansi dll.
Pada masa sekarang CMI & CAI bersamaan fungsinya dan kegiatannya seperti pada e-Learning, dimana urusan administrasi dan kegiatan belajar mengajar sudah masuk dalam satu sistem.

Pemakaian Komputer dalam Kegiatan Pembelajaran
Untuk Tujuan Kognitif
Komputer dapat mengajarkan konsep-konsep aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. Komputer juga dapat menjelaskan konsep tersebut dengan dengan sederhana dengan penggabungan visual dan audio yang dianimasikan. Sehingga cocok untuk kegiatan pembelajaran mandiri.


Untuk Tujuan Psikomotor
Dengan bentuk pembelajaran yang dikemas dalam bentuk games & simulasi sangat bagus digunakan untuk menciptakan kondisi dunia kerja. Beberapa contoh program antara lain; simulasi pendaratan pesawat, simulasi perang dalam medan yang paling berat dan sebagainya.


Untuk Tujuan Afektif
Bila program didesain secara tepat dengan memberikan potongan clip suara atau video yang isinya menggugah perasaan, pembelajaran sikap/afektif pun dapat dilakukan mengunakan media komputer.

            
          Demikian sedikit uraian tentang pentingnya penggunaan Media dalam kegiatan proses belajar mengajar, semoga ada manfaatnya dan bisa menambah semangat bagi kita untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan melalui metode pembelajaran yang kita kerjakan.